Fashion from Ziegfeld Follies Girls

Saya menyukai dunia seni balet, teater drama musikal dan semacamnya sejak setelah menonton “The Phantom of the Opera”. Buat saya dunia pertunjukan teater itu menarik. Mereka memperlihat tiga seni sekaligus; berperan, menyanyi dan menari. Bukan sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang (saya rasa) dan sepertinya memang harus memiliki skill khusus seperti menari balet atau pandai menyanyi opera untuk bisa berperan dalam dunia seni teater seperti itu. Sejauh ini belum banyak film yang bisa saya tonton namun saya sangat menyukai film The Phantom of the Opera juga novelnya. 

Lalu, saya melihat gambar fashion dari para gadis yang keluar dari drama pertunjukan serupa yang bertajuk Gadis Ziegfeld dari pertunjukan teater ternama Broadway, Ziegfeld Follies. Saya tertarik dengan kostum-kostum yang melekat di tubuh mereka. Begitu indah, ikonik, rumit dan tentunya aroma klasik tercium di sana.

Ziegfeld Follies sendiri merupakan rangkaian seni teater yang ada di Broadway, New York City yang sudah ada sejak tahun 1907 hingga 1931.  Seni teater ini beranggotakan laki-laki dan perempuan yang kemudian bersama-sama melakukan pertunjukan teater musikal di tempat tersebut. Pertunjukan teater musikal ini terkenal cukup mewah dan berkelas yang pernah ada di panggung Broadway.

Dan perempuan di Ziegfeld Follies disebut sebagai Ziegfeld Girl. Sekelompok penari (ballet) wanita yang ikut serta dalam pertunjukan Ziegfeld Follies. Gadis Ziegfeld tak hanya mampu menari, mereka juga bernyanyi dan biasanya mereka berasal dari gadis-gadis paduan suara yang didasarkan pada Bergère Folies Paris. Lilllian Lorraine adalah Gadis Ziegfeld ternama yang pernah dikenal. Nama-nama lain yang mendapat julukan mewah sebagai Ziegfeld Girl adalah: Marion Davies, Paulette Goddard, Joan Blondell, Olive Thomas, Barbara Stanwyck, Billie Dove, Louise Brooks, Nita Naldi, Julanne Johnston, Mae Murray, Bessie Love, Dorothy Mackaill, Odette Myrtil, Lilyan Tashman, Claire Dodd, Cecile Arnold, Dolores Costello, Iris Adrian dan masih banyak lagi.

Di dalam pertunjukannya, para gadis Ziegfeld mengenakan kostum-kostum yang terlihat sangat indah sekaligus rumit. Kostum-kostum mereka dibuat oleh desainer seperti Erte, Lady Duff Gordon atau Ben Ali Haggin.

Dan inilah mereka dengan para kostum klasik yang rumit, yang tidak hanya cantik tapi juga menawan. Gambar ini diambil sekitar tahun 1928 dalam pertunjukan seni teater Ziegfeld Follies.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s